Menggiatkan Otak

Otak yang merupakan pusat dari sistem saraf, merupakan organ tubuh yang tak ternilai. Karena itu, kesehatannya harus selalu dijaga agar tetap bekerja dengan optimal. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat dan menjaga kesehatan otak sekaligus meningkatkan kekuatannya.

1. Olahraga
Tidak hanya menyehatkan tubuh, olahraga juga dapat membuat otak lebih sehat. Olahraga memperlancar peredaran darah ke otak, sehingga otak selalu mendapat asupan oksigen yang dibutuhkannya. Selain itu, olahraga dapat menstimulasi terbentuknya sel-sel otak (neuron) baru dan memperkuat sel-sel otak yang telah ada. Menurut penelitian, olahraga teratur juga dapat mengurangi resiko munculnya beberapa 'penyakit otak' yaitu Alzheimer dan Dementia (hilangnya kekuatan intelektual seperti pikun) di usia senja.

2. Tidur yang cukup
Tidur menyumbang peranan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan otak. Saat kita tidur, sel-sel otak beregenerasi dan memperbaiki kerusakan yang ada. Di saat bersamaan, otak juga akan memproses memori baru dan keahlian yang baru dipelajari, bahkan juga dapat menyelesaikan masalah. Tanpa tidur yang cukup, sel-sel otak tidak punya cukup waktu untuk melakukan semua ini.

3. Berpuasa

Aktivitas yang biasa dihubungkan dengan agama ini sangat bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik, termasuk otak. Berpuasa dapat menyehatkan saluran pencernaan, membakar lemak dan meningkatkan proses membersihkan tubuh dari racun dan sampah (detoksifikasi). Asupan darah yang bersih ke otak akan mendorong otak bekerja lebih optimal, sehingga pikiran menjadi lebih jernih, semua indera menjadi lebih peka dan emosi menjadi stabil.

4. Stimulasi mental
Aktivitas yang bersifat baru dan menambah pengetahuan akan memberi stimulasi positif bagi otak. Beberapa aktivitas ini di antaranya :
  • Belajar memainkan alat musik baru.
  • Memulai hobi baru.
  • Belajar bahasa asing baru. Berdasarkan studi terbaru, kemampuan menguasai lebih dari satu bahasa akan memperlambat penuaan otak.
  • Membaca koran atau menonton televisi agar tetap up to date mengenai berita-berita dunia.
  • Mengambil rute baru saat berkendara ke atau dari kantor
5. Interaksi sosial
Secara sederhana, interaksi sosial diukur dari seberapa sering anda mengobrol dengan keluarga, teman, rekan kerja atau tetangga. Mengobrol dan berbagi cerita dapat membantu otak dalam meningkatkan kemampuan daya ingat, menguatkan memori yang ada dan menafsirkan berbagai kejadian. Ikatan sosial yang tercipta juga dinilai dapat membuat tekanan darah lebih rendah dan ekspetasi hiidup lebih tinggi.

Makanan Sehat untuk Otak
Banyak cara untuk menjaga kesehatan otak sekaligus meningkatkan kinerjanya. Pemilihan makanan yang tepat akan meningkatkan kesehatan dan kinerja otak anda. Buatlah rancangan diet yang memasukkan makanan-makanan berikut :

Ikan salmon liar
Daging salmon liar (bukan hasil peternakan) merupakan makanan paling baik untuk otak. Salmon liar mengandung asam lemak esensial (dalam bentuk Omega-3) paling kaya dibanding ikan lainnya. Asam lemak esensial mengandung DHA yang sangat baik untuk menjaga kesehatan otak.

Makanan whole-grain
Termasuk di dalamnya adalah sereal, oatmeal, beras jawawut (barley), juga roti dan pasta whole-wheat. Makanan whole-grain kaya akan asam folat, vitamin B12 dan B6 yang membantu meningkatkan daya ingat. Selain itu, kandungan karbohidratnya menjadi sumber energi selama otak bekerja.

Susu
Susu dan produk-produk yang terbuat dari susu (yoghurt dan keju) kaya protein dan vitamin B, kandungan yang penting untuk pertumbuhan jaringan otak dan produksi neurotransmitter. Kandungan kalsium yang tinggi dapat meningkatkan kinerja sistem saraf.

Telur
Tidak hanya kandungan proteinnya yang tinggi, juga vitamin dan mineral yang membuat telur baik untuk otak. Telur juga mengandung kolin, nutrisi yang dapat mendorong kinerja pusat daya ingat di otak sekaligus dapat memperbesar ukuran sel-sel otak.

Buah kelompok beri
Buah yang termasukdalam kelompok ini adalah strawberi, blueberi dan blackberi. Semakin kuat warnanya, semakin banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Buah beri mengandung antioksidan tinggi yang dapat menjaga keremajaan sel-sel otak sekaligus mencegah serangan penyakit otak.

Ginkgo biloba
Herba asal Cina ini merupakan suplemen yang sangat baik untuk otak. Ekstrak daun Ginkgo biloba yang terstandarisasi dapat menguatkan fungsi otak, memperbaiki daya ingat dan fungsi kognitif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Ginkgo biloba efektif untuk mengobati Alzheimer.

Sumber : Boulevard
Label: edit post
0 Responses