Twitter yang No Comment...

Beberapa tahun lalu saat aku baru mulai suka buka-buka internet, anakku sudah aktif ber-friendster dan facebook ria. Baru 2 tahun kemudian aku ikutan facebook setelah lebih dulu coba-coba bikin blog. Sekarang, setelah beberapa bulan aku gabung di facebook, anakku udah mulai berpaling ke Twitter dan sibuk memilih tema design yang cocok untuk Twitternya. Apa pula Twitter? Anakku cuma bilang : "Micro blog ma...". Tentu aja aku gak puas dengan jawaban singkat itu. Yang aku tau sih arti twitter adalah kicau atau cicit burung.

Aku jadi pengin cari tau deh apa sih sebenarnya Twitter itu? Ternyata Twitter yang berlogo burung berwarna biru itu di Wikipedia didefinisikan sebagai suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan pembaharuan/update berupa tulisan teks dengan panjang maksimal 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan singkat, email, web dll.


Fitur yang muncul di Twitter sangatlah minim, tidak sebanyak dan sevariatif di facebook misalnya. Pengguna Twitter hanya mempostingkan berita/kegiatan sehari-hari semacam aktivitas up date status di facebook berdasarkan pertanyaan "What are you doing?". Berita yang ditulis maksimal 140 karakter, itulah mengapa twitter disebut sebagai mikroblog atau bisa dikatakan seperti SMS, tapi bisa dibaca oleh semua orang dalam jaringan kita dengan lebih cepat.


Yang pasti, di Twitter kita gak bisa saling komentar antar follower (istilah teman untuk Twitter). No comment lah pokoknya... Memang, aku rasa Twitter ini hanya cocok untuk orang-orang yang mempunyai tingkat mobilitas tinggi, super sibuk tapi ingin selalu diketahui keberadaannya. Dan tentunya juga cocok buat orang yang rajin up date status di facebook.

Pantas saja kalau dibilang Twitter ini jadi favorit para seleb. Ya iyalah.., mereka mana sempat ngomentari orang lain di facebook atau berkutat menghabiskan banyak waktu untuk menyusun kalimat di blog... Buat mereka, situs ini sebagai ajang personal branding yang membangun atau pun memperbaiki citra diri mereka bila ada gosip tentang mereka di media, dan merupakan sarana mereka untuk berbagi dan berkomunikasi langsung dengan fans mereka.

Buat orang-orang yang gak suka update status dan hanya rajin mengomentari status update orang lain di facebook seperti aku (hihihi...), rasa-rasanya belum cocok gabung di Twitter. Pasti bete deh gak bisa ngomentari status update orang lain. Hehehe... Jadi buatku, saat ini masih tetep pilih blogging dan facebooking-lah daripada tweeting..... Bagaimana dengan anda???

Label: edit post
0 Responses