Bento tiap pagi

Kalau mendengar kata 'bento' pasti yang terbayang adalah sebuah restoran cepat saji asal Jepang yang terdapat di mal-mal. Bento adalah makanan yang biasanya terdiri dari nasi, lauk, sayuran dan buah yang dikemas dalam kotak dan dibuat sedemikian rupa agar terlihat menarik. Sebenarnya asalnya dari Jepang, yang merupakan kreativitas ibu-ibu di sana untuk ngebekalin anaknya ke sekolah dan membuat anak-anak tidak jajan sembarangan. Dalam bahasa Inggris biasanya disebut box lunch atau dalam bahasa kita adalah bekal makan siang.

Nah salah satu kesibukanku di pagi hari ya menyiapkan bekal makan pagi/siang untuk anakku tercinta, karena dia gak sempat sarapan di rumah, apalagi sekarang sekolah di Jakarta masuk lebih pagi jam 6.30. Meskipun sekarang dia sudah duduk di bangku SMA, masih aja minta membawa bekal dari rumah. Awalnya sih karena pada saat dia masih kecil kerap kena penyakit typhus setiap kali jajan sembarangan. Yang kedua, pada saat itu kelasnya terletak di lantai 3, sehingga membuatnya malas kalau harus naik turun tangga untuk sekedar jajan.

Tapi bekal yang aku siapkan tentu saja gak seperti bento yang disiapkan oleh ibu-ibu di Jepang seperti pada gambar. Hahaha... bisa-bisa abis waktuku seharian untuk nyiapin bekal secantik dan selucu itu. Salut aku ama kreativitas ibu-ibu di sana Kalau aku, paling-paling menyiapkan bekal yang praktis-praktis aja. Kalau ada sisa lauk semalam, biasanya tinggal dipanasin plus nasi putih. Kadang aku sempat buatin spagheti, atau jenis pasta lain dengan saus bolognaise atau carbonara. Bisa juga cuma roti tawar yang diisi smoke beef, telur, keju dan mayones menjadi sandwich. Atau kalau ada persediaan croissant, anakku paling suka diisi dengan tuna kaleng, bawang bombay, potongan keju, mayones dan lettuce. Bisa juga sehari sebelumnya aku buatin lasagna dalam wadah personal, paginya kalau mau dibawa ke sekolah tinggal dipanasin di oven. Kalau mau lebih praktis lagi, ya bikin nasi goreng atau nasi putih plus telur goreng dan abon. Dan yang super praktis, bikin aja mi goreng instan. Hahaha...
Label: edit post
0 Responses