Kerokan oke-oke aja sebagai obat masuk angin

Suamiku suka minta dikerok kalau lagi masuk angin. Sebenarnya, bahaya gak sih kerokan itu, apalagi dia punya masalah di jantung. Jadi penasaran... Ternyata ada jawaban yang aku cari... Jadi aku ingin berbagi.

Masuk angin merupakan istilah penyakit yang terdapat di pengobatan Cina dan tidak dikenal di dunia medis. Gejala flu seperti kembung, mual, keringat dingin, pusing dan gejala-gejala lain yang memiliki kesamaan dengan gejala masuk angin di dunia medis disebut dispepsia. Sebagian besar orang bahkan mungkin hampir semua orang pasti pernah mengalaminya.

Penyebabnya adalah akibat gangguan asam lambung dimana tingkat keasaman lambung meningkat yang disebabkan oleh :
- Pola makan yang salah dan sering menunda makan
- Menu makan yang gak sehat
- Stress
- Bakteri Helicobacter Pylorii

Pengobatannya? Sebenarnya pola makan teratur dan istirahat sudah sangat cukup untuk proses panyembuhan masuk angin. Tapi minum obat antasida bisa juga membantu menetralkan asam lambung. Pakai minyak gosok/minyak angin juga bisa membantu pengobatan karena sensasi hangatnya terasa dapat melebarkan pembuluh darah di sekitar perut. Tapi yang banyak dilakukan orang Indonesia adalah kerokan..., penyembuhan secara tradisional yang sangat dipercaya dapat menyembuhkan masuk angin. Warna merah yang muncul di punggung akibat kerokan terjadi karena adanya pembuluh darah kecil yang pecah. Tapiii pecahnya pembuluh darah disini bukan separah yang ada di pikiran kita lhooo..., karena letaknya ada di permukaan kulit yang sifatnya sementara dan bisa kembali normal. Pembuluh darah yang pecah tadi mengakibatkan terjadinya pelebaran pembuluh darah lain di sekitar bagian yang dikerok. Akibatnya, aliran darah di sekitar bagian yang dikerok menjadi lancar. Efeknya, badan jadi terasa hangat dan kita akan merasa rileks. Akhirnya, wess ewess ewess... bablas angine...

So...oke-oke aja koq kita kerokan kalau merasa masuk angin...

(Disarikan dari : Gogirl)
Label: edit post
1 Response
  1. Fachri Reza Says:

    nice info!! cukup menjawab pertanyaan dalam hati saya..