Thanks to Picasa...

Facebook...sebuah nama situs pertemanan ini sebenarnya sudah aku dengar sejak sekitar tahun 2007 saat anakku pertama kali bergabung. Dia cerita bagaimana asyiknya bergabung di FB dan aku menganggap FB hanya menarik untuk ABG seusianya. Kemudian ada teman mengundangku bergabung di FB via email. Satu dua teman masih aku abaikan ajakannya. Tapi lama-lama koq makin banyak ya, akhirnya penasaran juga dan bergabunglah aku di FB. Dan...busyet! Ternyata disana seperti jargon di iklan mobil Kijang "Ada teteh, aa, ipar, om, tante, sepupu, keponakan, teman2 lama dan tentu saja anakku".

Untuk afdolnya, kita perlu menampilkan foto diri untuk profile di FB, lalu aku buka file-file yang berisi foto di komputer. Ups! Ternyata file-file foto keluargaku sudah lenyap gak tau rimbanya. Mungkin pada saat komputerku trouble kena virus beberapa waktu yang lalu gak ikut diselamatkan oleh teknisinya. Aku hanya menemukan beberapa foto termasuk foto2 reuni yang terselip di antara file foto anakku. Mau scan dari foto2 yang ada... ternyata scannernya lagi ngadat juga! Komplitlah sudah kedongkolanku dan terpaksa aku gak bisa upload foto profile.

Akibatnya...? Beberapa pertanyaanpun datang : "Mana foto profilenya...?" Ughh! Banyak orang lain di FB gak ada foto profilenya juga gak masalah. Hahaha... untuk sementara aku upload aja foto gambar wanita kartun yang aku download dari internet. Tapi tetep aja ada komentar : "Koq fotonya kartun?" Untung kakakku ngetag fotoku untuk ditampilkan di foto profile. Lumayanlah... dan biar aja foto profile itu sebagai kenang2an waktu baru bergabung di FB.

Dan seakan tahu masalah yang sedang kuhadapi, saat aku sedang posting blog, ada tawaran muncul di dasbor blog untuk mengelola foto menggunakan PICASA sejenis dengan Flickr dan Photo Bucket, suatu software di internet untuk mengorganize, mengupdate dan share foto kita. Menarik, karena sesuai dengan kebutuhanku agar file fotonya gak ilang lagi, apalagi easy dan free pula!!!

Setelah aku download dan mengikuti semua prosedurnya aku buka Picasa, ternyata... tara!!! Aku menemukan file foto2ku yang hilang itu. Surprise! Dan sekarang, aku belajar bagaimana mengedit, mengcreate dan mengcollage koleksi foto-foto kita. Coba deh!!


Label: edit post
0 Responses